Dakwah
merupakan pekerjaan terbaik, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT :
وَمَنْ
أَحْسَنُ قَوْلا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي
مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Artinya : siapakah
yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah,
mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku Termasuk
orang-orang yang menyerah diri?" (Q. S. Fushshilat : 33 )
Namun
dalam berdakwah seseorang harus pandai dalam menyampaikannya. Terkadang
penyampaian yang tidak/kurang pas justru mengakibatkan bukan hanya kegagalan
akan tetapi akibat buruk yang tidak kita inginkan. Ketika pendakwah berhadapan
dengan orang tua tentunya harus berbeda
saat berhadapan dengan para kawula muda. Demikian juga cara menyampaikan ketika
berhadapan dengan wanita/lelaki, orang pandai/orang biasa, petani/pengusaha,
mahasiswa/anak SD, dan sebagainya tentunya mempunyai cara yang berbeda untuk
mendapatkan hasil yang maksimal. Allah SWT dalam al-Qur’an surat an-Nahl : 125
berfirman :
ادْعُ
إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ
بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ
وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Artinya : serulah
(manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan
bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih
mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih
mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.
Ayat ini dengan
jelas menyebutkan bahwa dalam berdakwah dilakukan dengan hikmah, pelajaran yang
baik dan membantah dengan cara yang lebih baik.
Salah
satu cara dakwah Islam yang pernah dilakukan para wali (wali 9) dengan menciptakan
tembang-tembang Jawa harus mendapat apreasiasi yang besar. Jaman dahulu
masyarakat Jawa terutama dikalangan rakyat jelata masih sangat dekat dengan
kebudayaan milik mereka diantaranya dengan gending dan lagu Jawa. Untuk itu
cara-cara seperti ini sebetulnya masih bisa dilakukan pada beberapa daerah yang
masih nguri-nguri budaya jawa. Para orag tua juga masih banyak yang senang
dengan kidung-kidung Jawa, bahkan beberapa anak mudapun ternyata juga masih
menyukai hal tersebut. Untuk itu dalam kesempatan kali ini aka saya petikkan
terjemahan surat al-Falaq yang dibuat dalam tembang Pangkur yang ada dalam buku
Sekar Sari Kidung Rahayu karangan Achmad Djuwahir Anomwidjaya.
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (١)مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
(٢)وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (٣)وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
(٤)وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (٥)
Berikut
petikannya :
1.
Haywa mungkur
ing piwulang
Gulangen
kawruh agama sayekti
Saranane
ngudi ngelmu
Dhawuhing
Gusti Allah
Iya
iku kitab Qur’an ingkang luhur
Pepak
akehing piwulang
Sanguning
urip lan pati
2.
Yen arsa
nyinau Qur’an
Wiwitana
maca ta’awuz dhisik
Tegese
ta’awuz iku
Hamba
nyuwun pangreksa
Saking
panggodaning setan kang binendu
Tumuli
wacanen Qur’an
Kanthi
tertib lan nastiti
3.
Pamacane ingkang
cetha
Mahraj
tajwid harkate lan titi
Pamacane
ywa kesusu
Tandha
iklasing manah
Amung
niyat netepi wajib satuhu
Iku
patrap kang utama
Ngaji
Qur’an kang sayekti
4.
Samengko prayoganira
Ngasto
Qur’an bukaken kang gumati
Wacanen
kanthi pituduh
Kaya
sinebut ngarsa
Ayatipun
apalna wongsal-wangsul
Dimen
tumanjem ing nala
Surat
al-Falaq puniki
5.
Tumuli padha
gatekna
Talitinen
surasane den titi
Qul
iku suraosipun
Dhawuhno
sira Muhammad
Nyuwun
pangreksa kula ing gustinipun
Ingkang
nguwaosi Falaq
Wanci
subuh wekdal enjing
6.
Saking makhluk
kang dursila
Lan
saking jahate petenging wengi
Lan
saking dursilanipun
Tukang
sihir natkala
Munggwing
tali pratingkahe nyebul-nyebul
Lan
saking dursilanira
Drengki
nalikane ndrengkeni
7.
Mangkono jarwane
surat
Al-Falaq
tumurun ing Mekkah negri
Gangsal
ayat gunggunipun
Padha
den apalena
Lapal
fasih mangerti suraosipun
Yekti
yen mangkana sira
Temah
kasil nggenya ngaji
|
0 komentar:
Posting Komentar